Wisata alam Kebun Rojo sebagai salah destinasi ecotourism di Malang Raya

Wisata alam atau ecotourism merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup popular saat ini. Popularitas wisata alam dibuktikan dengan jumlah destinasi wisata alam yang semakin bertambah. Hal ini merupakan salah satu wujud dari upaya pemerintah untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang ada. Program unggulan dari Kemenparekraf atau Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  adalah untuk menciptakan desa wisata. Salah satu desa yang mengembangkan program tersebut adalah Desa Gading Kulon, Kec. Dau, Kab. Malang.

Tempat wisata yang mereka kembangkan adalah Wisata Kebun Rojo dan Coban Parangtejo. Kedua destinasi wisata tersbut berada di satu lokasi yang tidak terlalu jauh. Lokasi wisata Kebun Rojo ini cukup mudah dijangkau dan terhitug dekat dengan area Malang Kota. Jarak dari alun-alun Kota Malang menuju lokasi adalah 18 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 35 menit apabila menggunakan kendaraan roda dua dan 40 menit apabila menggunakan kendaraan roda empat.

Apabila mencari lokasi wisata yang tidak memakan waktu tempuh cukup lama Wisata Kebun Rojo bisa menjadi salah satu alternatifnya. Wisata ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Apabila hanya ingin datang dan menikmati suasana alam yang asri disini disediakan beranekaraga area untuk befoto yang cukup instagramable. Dimulai dari lokasi foto berlatar belakang hutan pinus. Tebing yang memisahkan dua perbukitan maupun pemandangan Kota Malang Malang dan Kota Batu.

Selain itu bagi yang menyukai olahraga berjalan untuk menikmati segarnya air terjun juga bisa. Dikarenakan Wisata Kebun Rojo ini memiliki 2 Sumber Air Terjun. Yang pertama adalah air terjun Parang Tejo yang tidak terlalu jauh dari tempat parkir. Untuk sampai lokasi coban diperlukan waktu sekitar 30-45 jam perjalanan. Dengan medan menurun saat pulang dan naik ketika berangkat.

Kebun Rojo Paket Lengkap Destinasi Wisata Alam yang dekat dengan Kota Malang 1
Coban Ubud Kembar

Coban yang kedua bernama Ubud Kembar. Lokasi coban yang kedua ini memiliki jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah dikarenakan melewati jalan setapak yang biasa dilalui oleh warga sekitar menuju perkebunan. Diawal perjalanan akan melewati jalan setapak yang cukup menanjak. Kemudian akan ada pertigaan dimana di pertigaan ini sudah ada papan petunjuk untuk menuju lokasi. Setelah melewati pertigaan cukup mengikuti jalur di sebelah kanal air. apabila sudah sampai diujung kanal untuk menuju coban diperlukan menyebrang sungai dan juga menyusuri sungai sepanjang kurang lebih 1 km. maka dari itu usahakan perlengkapan diri cukup memadai.

Pilihan selanjutnya adalah berkemah. Wisata Kebun Rojo ini cukup luas sehingga dapat digunakan sebagai lokasi camping yang cukup strategis. Dikarenakan area untuk menikmati matahari terbit di lokasi camping cukup bagus dan akan sayang apabila dilewatkan.dikarenakan lokasi camping yang cukup luas sehingga dapat digunakan untuk acara family gathering maupun diklat dengan jumah peserta yang banyak.

Baca Juga:

Bagi yang ingin berkemah namun enggan untuk mendirikan tenda. Dilokasi Kebon Rojo ini menyediakan tempat untuk bermalam dengan mengusung rumah pondok yang terbuat dari bambu dan kayu serta memiliki atap kanopi.

Fasilitas dilokasi wisata juga terhitung cukup lengkap dimulai dari memiliki aliran listik yang dapat digunakan diseluruh area. Memiliki kamar mandi dan tempat berwudhu. Terdapat pula beberapa took kelontong yang menjual makanan maupun minuman ringan. Area parkit cukup luas. Dan untuk mushola masih dalam proses perencanaan pembangunan.

Harga tiket masuk untuk menikmati wisata Kebun Rojo yang cukup lengkap ini hanya perlu membayar 20 ribu per orang. Untuk uang tiket masuk ini sudah termasuk dengan uang parkir dan kebersihan. Apabila ingin bermalam maka biaya yang dikeluarkan sebesar 25 ribu perorang. Dana dari tiket masuk inilah yang nantinya akan dipergunakan untuk mengembangakn Wisata Kebun Rojo sebagai salah satu mascot Desa Wisata di Desa Gunungkidul, Dau, Kota Malang.